Sabtu, 02 November 2013

MASJID PALING UNIK DI BUMI 2

MASJID PALING UNIK DI BUMI 2
 
Masjid Jamiul Alfar di Kota Kolombo, Sri Lanka 



  masjid jamiul alfar 5 Masjid Terunik di Dunia




Di bagian kota tua Kolombo, Sri Lanka, berdiri sebuah masjid tua dan unik bernama masjid Jamiul Alfar. Masjid ini ialah salah satu masjid tertua di kota Kolombo dan merupaka ikon pariwisata di Ibu Kota Sri Lanka. Mulai dibangun pada tahun 1908 dan selesai pada tahun 1909, Masjid ini dirancang oleh Hl Saibo Lebbe. Ciri khas desain arsitektur Masjid ini adalah ornamen atau dekoratif dinding belang merah dan putih, yang menghiasi bagian luar bangunan masjid. Namun, dibandingkan warna putih warna merah tampak lebih mendominasi. Karenanya, ada yang menyebut masjid ini dengan nama Samman Kottu Palli, atau Rathu Palliya dari Masjid Merah.


Sementara detil struktur bagian luar masjid yang didominasi warna merah dan putih, menampilkan efek seperti kue lapis. Namun, penggunaan warna merah tersebut tidak menghilangkan nilai spiritual pada bangunan megahnya. Justru warna merah mencolok ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan para pelaku bisnis yang berkunjung ke Kolombo.



 
Arsitektur yang terdapat pada bangunannya, memperlihatkan kekayaan akan nilai kebudayaan islam yang dipadu dengan kemegahan bangunan kastil di Inggris. Walaupun letaknya berada di jejeran pertokoan, tetapi dengan rancangan bangunan dan warnanya yang unik, menjadikan masjid ini benar-benar tampil beda, dan menarik perhatian mata.


Seperti lazimnya bangunan sebuah masjid, masjid Jamiul Alfar juga memiliki menara. Jumlah keseluruhan menara yang terdapat pada bangunan masjid ini sebanyak 14 buah. Terdiri dari dua menara berukuran sedang, dan sisanya berukuran kecil. Kapasitas keseluruhan bangunan masjid ini, mampu menampung sekitar 5.000 jamaah secara bersamaan, dan menjadikan masjid Jamiul Alfar sebagai masjid terbesar di Sri Lanka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar