Sabtu, 02 November 2013

MASJID PALING UNIK DI BUMI 4

MASJID PALING UNIK DI BUMI 4
 
Masjid Hassan II di Maroko 




masjid hassan II 5 Masjid Terunik di Dunia





Masjid paling unik di dunia selanjutnya dari daftar ini, ialah masjid Hassan II. Masjid yang berdiri megah dan terapung dari atas laut ini, merupakan masjid terbesar sekaligus terindah di Kota Casablanca, Maroko. Masjid Hassan II dianggap sebagai Masjid terbesar kedua, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Tak hanya itu, kemegahan lainnya yang Nampak dari masjid ini, ialah menara masjidnya memiliki tinggi 210 m, yang disebut sebagai menara masjid paling tinggi di dunia. Masjid yang memiliki kapasitas 25.000 orang in dibangun hanya dalam waktu 6 tahun, mulai tahun 1980, dan didesain oleh arsitek kebangsaan Perancis, Michel Pinseau.


Masjid ini dibangun oleh Raja Hassan II, yang kemudian dinamakan sama dengan sang raja. Masjid ini terletak di sebuah tanjung yang menghadap langsung ke Samudera Atlantik. Letak keunikan dari masjid Hassan II ini, yaitu letaknya yang berada di atas tanah reklamasi. Hampir setengah dari bangunan masjid berada di atas lautan. Istimewanya, sebagian lantai masjid terbuat dari kaca sehingga umat muslim yang beribadah atau sujud, dapat melihat langsung ke dalam laut.


Jika dilihat dari kejauhan, masjid Hassan II seperti terapung. Keunikan lainnya, masjid ini dibangun dengan konstruksi  tahan gempa, memiliki pemanas lantai, pintu otomatis, serta atap masjidnya yang dapat dibuka atau digeser. Hiasan, ornament di lantai, pintu, dinding, dan langit-langit masjid, terlihat sangat detil dan indah, kental dengan nuansa seni bangsa Moor. Luas bangunan masjid nan megah ini mencapau 2 hektar dan dapat menampung 25.000 jamaah di dalam masjid, serta 80.000 jamaah di halamannya. Uniknya, masjid Hassan II ini juga terbuka untuk umum dan pengunjung non-muslim. Semua pengunjung dapat membeli tiket masuk masjid dan akan dipandu oleh pemandu tur yang menjelaskan detail dari interior masjid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar