Sabtu, 02 November 2013

MASJID PALING UNIK DI BUMI 3

MASJID PALING UNIK DI BUMI 3
 
Masjid Agung di Xi’an di Cina 




masjid agung di Xian 5 Masjid Terunik di Dunia





Masjid paling unik di dunia berikutnya adalah, masjid agung Xi’an di Cina. Masjid ini merupakan sebuah masjid yang sangat unik, terbesar, dan tertua di kota Chang’an –lebih dikenal dengan kota Xi’an, di Cina. Bentuk bangunannya lebih menyerupai kuil dari pada bangunan masjid pada umumnya. Oleh sebab itu, masjid ini menjadi salah satu masjid dengan arsitektur paling unik di dunia. Dan pada tahun 1988, pemerintah setempat menetapkannya sebagai salah satu bangunan bersejarah terpenting di Cina.


Masjid yang berdiri pada abad ke-8 masehi ini, merupakan masjid yang pertama kali didirikan di Cina. Ini membuatnya menjadi salah satu saksi sejarah tertua dalam perkembangan islam di negeri tersebut. Tradisi yang berkembang mengatakan, masjid agung ini didirikan oleh Laksamana Cheng Ho.


Saat melihat Masjid Agung Xi’an, sekilas akan Nampak seperti sebuah kuil tradisional Cina yang lengkap dengan halaman dan pavilion serta pagoda. Akan tetapi, fungsi bangunan islam menjadi jelas terlihat, manakala Anda melihat lebih dekat hiasan figurative, yang sebagian besar diganti dengan kaligrafi Arab dan Cina. Masjid ini sendiri memiliki lima halaman di mana semuanya mengarah ke ruang doa yang terletak di ujung barat Masjid. Setiap halaman memiliki monument pavilion atau gerbang.



Gerbang ini berhadapan dengan tembok yang sangat lebar dengan dekorasi ukiran tanah liat, serta dihiasi atap dari tumpukan genting mengkilap. Pada dua sisinya, dihiasi perabot antik yang sangat berharga buatan jaman dinasti Ming dan Qing.



Area terbesar dari masjid paling unik ini berada pada bangunan ruang shalat. Jama’ah yang dapat ditampung di area ini mencapai 1.000 orang. Ruang ini dilindungi tiga tingkat atap berwarna biru tosca, berhiaskan ukiran berpola rumput dan bunga-bungaan. Keindahan yang sekaligus mencekam tampak dari dinding ruangan yang terbuat dari kayu berpahatkan ayat-ayat Al-qur’an. Hingga kini, Masjid Raya Xi’an masih difungsikan sebagai tempat ibadah kaum muslimin dari suku Hui. Saat ini diperkirakan jumlah kaum muslim kota Xi’an dan sekitarnya, mencapai 60.000 orang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar